Membangun Kreatifitas Anak Melalui Melukis

membangun kreatifitas anak melalui kegiatan melukisAnak adalah manusia kecil yang dibekali kemampuan-kemampuan dasar oleh Tuhan. Misalnya kemampuan untuk mengenali lingkungannya, kemampuan untuk memahami, kemampuan bereksplorasi dan mencipyakan hal-hal baru atau sering disebut kreatifitas. Kemampuan-kemampuan tersebut harus dikembangkan oleh orang tua dan orang dewasa disekitarnya.

Kita sering salah dalam membangun kreatifitas anak

Seringkali kita menginginkan anak menjadi pribadi sesuai dengan yang kita maui. Bahkan kita kadang memaksakan agar anak melakukan sesuatu tanpa memperhatikan minat anak. Di sinilah kebebasan anak menjadi terbelenggu. Misal saja kita seringkali memaki-maki anak ketika dinding rumah yang barusan di cat dikotori anak kita dengan coretan-coretan tanpa memberi solusi. Tanpa sadar kita telah membunuh kreatifitas anak yang kita sayangi.

Upaya Membangun Anak Menjadi Kreatif.

Salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan anak adalah melalui kegiatan melukis. Pada dasarnya setiap anak suka dan mampu melukis. Bahkan kemampuan anak dalam melukis mendahului kemampuannya berbicara. Misalnya ketika anak kita mencoret-coret dinding, sebenarnya mereka sedang menuturkan pengalaman yang mereka alami atau pikirkan.

Melukis merupakan salah satu cara mengembangkan kreatifitas anak. Hal ini karena melukis merupakan kegiatan menyenangkan yang yang dikendalikan oleh otak kanan. Beberapa tugas otak kanan diantaranya: kreatifitas, intuisi, mengolah emosi, berpikir dalam bentuk gambar, bebas mengekspresikan emosi termasuk di dalamnya merespon nilai-nilai estetika. Sedangkan otak kiri mengambil fungsi kesadaran, logika, berpikir dengan kata-kata, analisa, melihat perbedaan dan mengendalikan emosi. Hasil dari perpaduan otak kanan dan otak kiri adalah munculnya kreatifitas. Melalui kegiatan melukis anak akan menuangkan intuisinya, emosinya dan pemikirannya dengan penuh kebebasan.

Semoga anak-anak kita menjadi generasi penerus kita yang punya kreatifitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>